catatan Seputar Informasi Ter Update

Rabu, 24 Juni 2020

Tips Merencanakan Tabungan Pendidikan Anak


Sudah menjadi hal yang umum bahwa biaya pendidikan terus meningkat setiap tahunnya. Orang tua tentu harus menyiapkan dana pendidikan sejak dini agar anak bisa mendapatkan pendidikan terbaik baik itu tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, atau tabungan konvensional. Berikut terdapat beberapa tips dan strategi dalam menyiapkan dana pendidikan anak.



1.       Tentukan sekolah anak

Terlebih dahulu anda harus menentukan sekolah anak, apakah sekolah swasta atau negeri. Sekolah swasta tentu memiliki biaya pendidikan yang lebih mahal apalagi jika sekolah tersebut sudah dikenal memiliki pendidikan terbaik dan fasilitas yang lengkap.

Belum lagi jika anda menyekolahkan anak di sekolah internasional yang membutuhkan dana lebih banyak. Setelah menentukan di mana anak akan bersekolah, anda akan lebih mudah menentukan target dana yang harus tersedia.

2.       Riset dan kalkulasi biaya

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai semua hal yang dibutuhkan mulai dari biaya masuk, uang sekolah bulanan, biaya administrasi, dan biaya-biaya lainnya yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menghitung biaya kenaikan juga karena biaya sekolah pasti akan meningkat setiap tahunnya serta menambahkan biaya-biaya kebutuhan sekolah seperti les, buku, tas, dan lainnya serta furniture untuk belajar misalnya meja belajar, lampu belajar, dan lainnya.

3.       Buat daftar kebutuhan biaya

Untuk memudahkan anda, sebaiknya buat daftar biaya-biaya yang dibutuhkan mulai dari biaya pendidikan sekolah hingga kebutuhan lainnya yang telah disebutkan. Anda bisa menulis secara lengkap perkiraan hal-hal yang dibutuhkan meskipun tidak terlalu spesifik. Dengan membuat daftar kebutuhan tentu akan memudahkan anda menyediakan dan menghitung anggaran dalam rencana pendidikan anak.

anak lahir, tidak saja beberapa peralatan yang perlu disiapkan orang-tua. Tetapi memulai pikirkan hari esok anak. Diantaranya tersangkut dana pendidikan sebagai komponen penting waktu mengelola keuangan nanti.

Sudah diketahui, ongkos pendidikan tiap tahun naik. Besarannya seputar 10%. Anda untuk orang-tua perlu mempersiapkan dana pendidikan anak, dari mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, sampai tahap kuliah. Serta keperluan biayanya cukup banyak.

Mempersiapkan dana pendidikan bisa Anda kerjakan secara beberapa langkah, seperti buka tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, tabungan berjangka, deposito, atau juga bisa melalui investasi. Tetapi biasanya, warga semakin condong ajukan tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan.

berencana budget pendidikan anak ialah cari info detil tentang keunggulan serta kekurangan dari sekolah negeri, swasta, serta internasional. Selanjutnya, buat alasan serta tetapkan tipe sekolah yang paling baik menurut Anda.

Bila Anda merencanakan untuk mendaftar anak pada program home schooling, hal yang penting Anda kenali ialah skema pendidikannya. Disamping itu, pikirkan juga kesanggupan Anda dalam membayar program itu.

Tentunya biayanya tambah mahal daripada sekolah umum. Janganlah sampai program home schooling begitu memberatkan situasi keuangan keluarga atau serta membuat proses pendidikan anak berhenti.

Sesudah tentukan tipe sekolah, hal selanjutnya yang perlu Anda kerjakan yakni cari beberapa pilihan institusinya. Anda bisa membuat pilihan itu, baik dari sisi legalisasi, fasilitas-prasarana, atau jarak dan waktu pintas dari rumah.

Tabungan Pendidikan Anak Bersama HSBC

Sebelum merencanakan tabungan anak, anda dapat mempertimbangkan apakah anda ingin memilih tabungan konvensional, tabungan pendidikan, atau asuransi pendidikan. Tentukan mana yang lebih anda butuhkan karena keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Untuk membantu anda, HSBC akan memberi dukungan berupa riset tentang rencana dalam pendidikan anak.

HSBC juga akan memberikan rekomendasi investasi dan perencanaan keuangan yang sesuai sehingga anda dapat mempersiapkan tabungan pendidikan anak dengan cermat. Tidak perlu khawatir karena portofolio anda juga akan disusun oleh HSBC menjadikan rencana pendidikan anak menjadi lebih aman bersama HSBC.

Deskripsi : tabungan pendidikan tentu akan sangat membantu orang tua dalam memberikan pendidikan terbaik untuk anak dengan dana yang telah disiapkan.

0 komentar:

Posting Komentar